Minimnya informasi mengenai besaran Cosnsumer Surplus atau manfaat ekonomi yang dihasilkan oleh revitalisasi taman di Kota Bandung membuka peluang bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang berapa besar manfaat yang dihasilkan oleh Taman Kota Bandung. Permasalahan yang harus dihadapi selanjutnya adalah taman-taman revitalisasi tersebut merupakan barang publik (public goods), yang tidak memiliki nilai uang didalamnya. Tidak tersedianya nilai bagi taman-taman Kota Bandung tidak lantas menjadikan taman-taman di Kota Bandung tidak memiliki nilai. Metode yang dapat dilakukan untuk menilai taman tersebut adalah dengan menggunakan Travel Cost Method (TCM). TCM adalah sebuah metode yang dikembangkan untuk menilai jasa lingkungan ketika jasa lingkungan tersebut tidak memiliki nilai moneter atau nilai uang. Menggunakan Regresi Poisson, hasil estimasi menunjukkan bahwa dalam satu kali kunjungan Taman Alun-Alun menghasilkan Consumer Surplus sebesar Rp. 80.936,27.Kata Kunci: Taman Kota, Travel Cost Method, Valuasi Ekonomi, Public Goods.
Copyrights © 2019