JOURNAL FOR BUSINESS AND ENTREPRENEURSHIP
Vol 3, No 1 (2019): Journal for Business and Entrepreneurship

DAMPAK ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG DI PARDEDE INTERNASIONAL HOTEL MEDAN

Lenti Saragih (Politeknik MBP Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK            Pada hakikatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini membuat perkembangan terhadap teknologi komunikasi, teknologi informasi dan teknologi sosial media semakin berkembang dan diminati banyak orang. Kemajuan teknologi itu sendiri mengakibatkan semua serba mudah dilakukan didalam rumah bisa berbelanja, bisa memesan tiket pesawat, bisa membooking hotel dan lain sebagainya. Salah satu aplikasi yang dimaksud adalah online travel agent.Online travel agent merupakan perusahaan yang khusus menjual jasa penyelenggara perjalanan wisata, termasuk pemesanan tiket transportasi, tiket wisata, serta booking hotel yang berbasis online.                       Teknik pengumpulan data dalam metode penelitian ini adalah teknik wawancara, dokemntasi, dan studi kepustakaan sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah dengan melakukan pengelolaan data melalui metode deskriptif.             Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aplikasi online yang digunakan Pardede Internasional Hotel Medan ada 3 buah yaitu Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi. Traveloka adalah aplikasi yang paling banyak memberikan sumbangan jumlah pengunjung yaitu sebanyak 1.075 kamar dalam kurun waktu 6 bulan, kemudian Tiket.com sebanyak 159 kamar, Pegipegi sebanyak 121 kamar. Jumlah kamar yang terjual selama 6 bulan adalah sebanyak 1.355 kamar (20%) melalui aplikasi online travel agent. Dan yang terjual langsung (tanpa aplikasi) adalah sebanyak 5.635 kamar (80%). Jumlah kamar yang terjual secara keseluruhan adalah sebanyak 7.013 kamar. Jadi dengan adanya kerja sama dengan pihak online travel agent (OTA) membantu perusahaan menambah jumlah kamar yang terjual sebesar 20%. Kata Kunci : Strategi Promosi, Aplikasi Online, Minat

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JBE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Journal for Business and Entrepreneurship merupakan sekumpulan artikel di bidang kajian ilmu administrasi bisnis dan kewirausahaan. Bidang kajian meliputi hasil penelitian tentang studi bisnis dan kewirausahaan meliputi pemasaran, keuangan, operasional, strategik, sumber daya manusia khususnya pada ...