Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia

PERAN MEDIA MASSA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA DI KOMUNITAS KPOPERS BATAM

Ageng Rara Cindoswari (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Putera Batam)
Dina Diana (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Putera Batam)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media massa terhadap perubahan perilaku yang terjadi pada remaja kpopers Batam dan peran media dalam proses komunikasi terkait dengan perubahan perilaku imitasi pada remaja kpopers Batam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data Miles & Huberman, dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan informan yang terdiri dari anggota masyarakat mirip KPOP di Batam. Data primer dan data sekunder yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara mendalam, dokumentasi, observasi non-partisipan, dan artikel dari internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang dipengaruhi oleh imitasi dari Korea Wave memberikan beberapa perubahan perilaku pada remaja yang menyukai kpop. Perubahan perilaku yang terjadi adalah meniru idola mereka, dari perilaku idola mereka seperti kebiasaan idola yang mereka lihat melalui video, mode, hingga belajar dan menggunakan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari, perubahan ini terjadi pada: (1) proses perhatian, ( 2) proses zikir, (3) proses reproduksi motorik dan (4) motivasi. Kata kunci: K-Popers; Meniru; Remaja; Media Massa Abstract The purpose of this study was to determine the role of mass media on behavior change that occurred in Batam kpopers adolescents and the role of the media in the communication process related to changes in imitation behavior in Batam kpopers adolescents. This study uses a qualitative descriptive method using Miles & Huberman data analysis, in determining informants, researchers used purposive sampling technique and informants consisted of KPOP-like community members in Batam. Primary data and secondary data used by researchers are in-depth interviews, documentation, non-participant observation, and articles from the internet. The results showed that adolescents affected by the imitation of the Korean Wave gave some behavioral changes to adolescents who liked kpop. The behavioral changes that occur are imitating their idols, from the behavior of their idols such as the idol habits they see through video, fashion, to learning and using Korean in their daily lives, these changes occur in: (1) attention processes, (2 ) the process of remembrance, (3) the process of motor reproduction and (4) motivation. Keywords: K-Popers; Imitate; Adolescents; Mass Media

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari ...