Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
Vol 02, No 02 (September 2017) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Peri

PENGELOLAAN STRATEGI BRANDING APPLE INC. UNTUK MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN

Christian Anggrianto (Universitas Ciputra)
Nassiriah Shaari (Universitas Utara Malaysia)
Norsiah binti Abdul Hamid (Universitas Utara Malaysia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2017

Abstract

Apple sebagai merk yang terkenal dengan inovasinya, telah mampu bertahan di posisi puncak Most Valuable Brand selama bertahun-tahun. Apple Inc. telah mampu membangun dan mengelola brand sehingga dicintai oleh konsumennya dan menjadi top of mind diantara produk sejenisnya. Strategi pengelolaan merk seperti apakah yang dilakukan oleh Apple Inc.? Melalui metode penelitian dengan jenis data kualitatif melalui wawancara terstruktur kepada para responden dari kalangan praktisi sekaligus akademisi branding dan didukung dengan studi literatur ini, ditemukan bahwa Apple telah berhasil menciptakan strategi branding yang baik dengan mengidentifikasikan siapa target marketnya, dan menciptkan visi misi yang berkomitmen untuk menciptakan solusi untuk permasalah yang dihadapi oleh target marketnya, tidak berhenti sampai disitu namun Apple inc. mampu menerjemahkan visi tersebut menjadi brand strategy yang mampu menciptakan pengalaman unik dan membangun kedekatan emosional antara konsumen dengan brand, dan akhirnya tercipta loyalitas terhadap brand Apple. Hasil dari riset ini berguna untuk membantu perusahaan-perusahaan lain memahami bagaimana cara mengelola merk yang mereka miliki hingga bisa memperoleh loyalitas dari konsumennya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

demandia

Publisher

Subject

Arts Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Journal “demandia” is a print and electronic publication media which publishes the results of studies and research in the field of Visual Communication Design, Design Management and Advertising; published twice a year (March and September). The journal managed by Telkom University aims to ...