Tulisan ini membahas secara detail atas seseorang yang memanfaatkan sebuah website sebagai platform dirinya untuk menjual sebuah produk digital. Melalui website Green Exam Academy.com, Pat Flynn memproduksi sebuah e-book mengenai pengalamannya di bidang Leadership in Energy and Environmental Design (LEED). Studi ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi.Untuk analisis data, tulisan ini mengadopsi diagram yang telah dirumuskan oleh Walker dan Chaplin melalui bukunya Visual Culture: An Introduction (1997) yaitu Production, distribution and consumption model for the field of design.Objek utama kajian tulisan ini adalah website utama Pat Flynn, GreenExamAcademy.com, dan data tambahan diperoleh dari website-nya yang lain, serta berita terkait Pat dan video Youtube di kanalnya.Tujuan dari tulisan ini adalah mengkaji proses kolektif dari awal produksi, distribusi e-book hingga dapat diakses oleh calon pembeli atau sampai tahap konsumsi dan dampak sosial bagi pembeli di website GreenExamAcademy.com, serta bagaimana konstruksi citra yang dilakukan untuk menempatkan seseorang sebagai seorang ahli di sebuah nichemarket tertentu. Hasil pembahasan menunjukkan bagaimana sebuah website dapat menjadi sebuah ruang dan memberikan kemudahan bagi individu untuk menjual produk digital atau sebagai individu yang heroik. Melalui website Greenexamacademy, Pat Flynn dapat membangun sebuah reputasi dan memosisikan dirinya sebagai figur otoritatif di bidang LEED di dunia online.
Copyrights © 2019