Abstrak: Penelitian ini tentang“bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media autograph materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) pada siswa kelas VIII MTs Swasta Kuala”, agar siswadapatmemperolehpengalamansecaralangsunguntukmeningkatkankeaktifandanprestasibelajarsehinggapembelajaranmenjadilebihbermakna.Latarbelakangmasalahpenelitianiniyaitukurangnyapemahamankonsep-konsepbangunruangsisidatarsehinggaparasiswahanyamenyalinapa yang di kerjakanoleh guru, selainitupara gurukurangmemberikanpeluangpadasiswauntukmengemukakan ide-idenya. Permasalahantersebutperludicarisolusinyayaitudenganmelakukanpenelitiantindakankelas yangbertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswapadamateri Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD). Dengan pembelajaranmenggunakan media autograph materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) pada siswa kelas VIII MTs Swasta Kualadiharapkandapatmeningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaituPenelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII semesterII. Teknik pengumpulan datayaitu: observasi, tes, dokumentasi. Instrumen yang di gunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi RPP, lembar validasi tes, lembar validasi observasi. Teknik analisis data yang digunakan secara deskreptif yaitu hanya mengumpulkan data yang diperoleh melalui observasi dan tes. Dari hasil pengamatan dari dua siklus yang telah peneliti laksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitudengan menggunakan media autograph materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) pada siswa kelas VIII MTs Swasta Kualatelahmeningkathal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu sebesar67,76 siswa yang mencapaiKKM sedangkan pada siklus IIada peningkatan nilai rata-rata yaitusebesar 78,12 yang berarti seluruh siswa telah mencapai KKM.Kata-kata kunci:Peningkatan, Hasil Belajar, Media Autograph
Copyrights © 2019