Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan skala likert. Skala kepercayaan diri disusun berdasarkan teori Lauster (2006) oleh Indah Nur Wulansari (penulis) dan skala motivasi belajar yang diadopsi dari Gigih (2014) dan dimodifikasi oleh Indah Nur Wulansari (penulis). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendall’s tau-b. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS for Windows 20.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r = 0,183, α = 0,001 maka 0,001 < 0,05 artinya bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar.
Copyrights © 2022