Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika yang dapat memahamkan siswa tentang materi bangun datar di kelas V SD Negeri Tunjungsekar III Malang dengan media papan berpaku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Tunjungsekar III Malang semester genap tahun ajaran 2010/2011. Data diperoleh dari skor UAS siswa, hasil pekerjaan atau skor tugas siswa, hasil pengamatan, dan hasil wawancara.Hasil penelitian yang diperoleh adalah pembelajaran matematika dengan bantuan media papan berpaku dapat memahamkan siswa tentang materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan klasikal pada siklus II yang mencapai 91,13% dengan rata-rata nilai tes siswa 88,13 dan kesalahan konsep hanya sedikit. Kata kunci: pemahaman, media papan berpaku, bangun datar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018