Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 2 STABAT KABUPATEN LANGKAT MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Dian Kristanti (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Riyana Riyana (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran discovery learning.Penelitian ini bermaksud untuk membandingkan proses dan hasil pembelajaran antara penerapan metode Discovery Learning dengan metode ekspositori. Discovery Learning merupakan metode atau cara pembelajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, melainkan ditemukan sendiri sebagian atau seluruh pengetahuan tersebut. Guru mendorong siswa agar mempunyai pengalaman dan melakukan eksperimen dengan memungkinkan mereka menemukan prinsip-prinsip atau konsep-konsep bagi diri mereka sendiri. Sedangkan metode ekspositori merupakan metode atau cara pembelajaran dimana guru cenderung menampilkan materi baik dalam dua dimensi atau tiga dimensi disertai dengan pemberitahuan dan contoh sampai siswa mendapatkan pengetahuan. Penelitian ini dilakukan pada semua siswa pada dua kelas V di SD Negeri 2 Stabat Kabupaten Langkat, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 35 siswa dan kelas VBsebagai kelas kontrolyang juga terdiri dari 35 siswa. Penelitian dilakukan selama sekitar 5 bulan, mulai Februari 2014 sampai dengan Juli 2014, pada saat siswa mempelajari pokok bahasan kubus dan balok pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Efektivitas metode pembelajaran dilihat berdasarkan keterlaksanaan masing-masing metode yang diterapkan pada masing-masing kelas dan hasil belajar yang ditunjukkan melalui skor tes pada pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika efektif diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas. Peneliti berharap penelitian serupa dapat dilakukan untuk melihat apakah metode pembelajaran yang tepat dan efektif bagi suatu kelas dengan karakteristik tertentu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...