Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI PAYA PEUNAGA KECAMATAN MEUREUB

Agustina Putri (Unknown)
Mardhatillah mardhatillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Lokasi dalam penelitian ini adalah di SD Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Paya Peunaga. Sedangkan sampelnya diambil kelas VA sebagi kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa hasil tes yang diberikan kepada kedua kelas dengan soal yang sama, Setelah semua data dikumpulkan peneliti melakukan analisis data. Analisis data yang pertama kali dilakukan yaitu uji prasyarat yang meliputi uji homogenitas dan uji normalitas data. Setelah dilakukan uji prasyarat kemudian dilakukan uji hipotesis, yaitu menggunakan uji t kemudian nilai hasil tes tersebut diolah dengan menggunakan uji–t score. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji–t score pada taraf signifikan  = 0,05 ( artinya 95 % dapat dipercaya ), dan ternyata thitung > ttabel  atau 11,389 > 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V materi peninggalan Islam di Indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...