Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PAYA PEUNAGA KABUPATEN ACEH BARAT

Febry Fahreza (STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat 23615)
Nurul Husna (STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat 23615)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan ekspositori terhadap hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan  penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 yang mempunyai dua variabel bebas dan satu variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 76 siswa. Sampel penelitian ditetapkan kelasV-B yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan kelas V-A yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil. Untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 soal dengan koefisien reliabilitas 0,92. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlett. Kemudian data di analisis dengan Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah X = 29,27 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X = 27,55. Kata-kata kunci:  Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar IPS.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...