Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan ekspositori terhadap hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan  penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 yang mempunyai dua variabel bebas dan satu variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 76 siswa. Sampel penelitian ditetapkan kelasV-B yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan kelas V-A yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil. Untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 soal dengan koefisien reliabilitas 0,92. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlett. Kemudian data di analisis dengan Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah X = 29,27 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X = 27,55. Kata-kata kunci:  Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar IPS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018