Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PADANG PANYANG KABUPATEN NAGAN RAYA

Suriani Suriani (Unknown)
Mardhatillah mardhatillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada siswa kelas VI SD Negeri Padang Panyang. Jenis penelitian yang digunakan  adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktifitas siswa, dan lembar observasi aktifitas guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Padang Panyang Kecamatan Nagan Raya”. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya, hasil belajar yang diperoleh pada pra tindakan persentase jumlah siswa yang tuntas hanya 4 orang siswa atau 20,00% dari 20 orang siswa, dan sesudah menerapkan penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) siklus I hasil belajar siswa meningkat namun belum maksimal, persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM baru 11 orang siswa atau 55,00%, Sehingga perlu diadakan siklus II, setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang sangat signifikan dan sudah mencapai target yang telah ditentukan maka siklus dihentikan, dimana persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 18 orang atau 90,00% dari jumlah siswa secara keseluruhan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...