Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas V/2 pada Materi Lingkungan di MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu menjelaskan hubungan antar variabel dengan menganalisis data numerik (angka) menggunakan metode statistik melalui pengujian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya yang berjumlah 102 siswa, maka di ambil Sampel secara random sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/2 yang berjumlah 23 siswa dengan melakukan 2 kali penelitian (kelas kontrol dan eksperimen) dengan waktu yang berbeda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil dari analisis data di antaranya sebagai berikut: rata-rata nilai postes dalam mengikuti tes pada kelas eksperimen yaitu 78,04, rata-rata nilai postes dalam mengikuti tes pada kelas kontrol yaitu 69,92.Adanya pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran materi lingkungan di kelas Eksperimen dengan metode Berbasis Proyek lebih efektif daripada pembelajaran materi Lingkungan Di di kelas Kontrol Kelas V/1 MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Kata-kata kunci: Hasil belajar, biologi, lingkungan, pembelajaran berbasis proyek.
Copyrights © 2018