Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS V PADA MATERI LINGKUNGAN DI MIN 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA

. Izwar (STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat)
Dian Kristanti (STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat 23615)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Berbasis Proyek  Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas V/2 pada Materi Lingkungan di MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu menjelaskan hubungan antar variabel dengan menganalisis data numerik (angka) menggunakan metode statistik melalui pengujian.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya yang berjumlah 102 siswa, maka di ambil Sampel secara random sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/2  yang berjumlah 23 siswa dengan melakukan 2 kali penelitian (kelas kontrol dan eksperimen) dengan waktu yang berbeda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil dari analisis data di antaranya sebagai berikut: rata-rata nilai postes dalam mengikuti tes pada kelas eksperimen yaitu 78,04, rata-rata nilai postes dalam mengikuti tes pada kelas kontrol yaitu 69,92.Adanya pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran materi lingkungan di kelas Eksperimen dengan metode Berbasis Proyek  lebih efektif daripada pembelajaran materi Lingkungan Di di kelas Kontrol Kelas V/1 MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya.  Kata-kata kunci: Hasil belajar, biologi, lingkungan, pembelajaran berbasis proyek.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...