PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Konsep Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar

Irfan Irfan (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhiddin Muhiddin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Evi Ristiana (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang menghasilkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Powerpoint yang valid dan praktis untuk siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Model pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four D-Model), yang terdiri atas 4 tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gaddong I Makassar dengan subjek penelitian 34 siswa dan 1 guru kelas V mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Adapun teknik pengumpulan data digunakan instrumen lembar observasi dan angket respon siswa dan guru. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kualitatif. Statistik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis kevalidan dan instrumen yang digunakan dalam peneletian. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyatakan valid dan sahih sehingga layak uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan. Hasil uji coba menunjukka bahwa media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Powerpoint praktis karena telah memenuhi keriteria dengan hasil: 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan, 2) guru memberikan respon poitif/sangat baik dan, 3) siswa memberikan respon positif/baik terhadap media pembelajaran. Dengan demikian makamedia pembelajaran ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran di SD Negeri Gaddong I Makassar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prosiding

Publisher

Subject

Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros terbit sekali setahun. Semua artikel atau tulisan dalam prosiding ini telah diseminarkan dalam forum seminar nasional. Redaksi menerima naskah berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang ...