BENING
Vol 4, No 2 (2017): NOVEMBER 2017

PENGARUH KINERJA KEUANGAN, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015

Saryati Endah Lisyanti (Prodi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam)
Catur Fatchu Ukhriyawati (Prodi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan, corporate social responsibility, dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan. Obyek penelitian adalah seluruh perusahaan perbankan go public yang berjumlah 43 bank, namun berdasarkan kelengkapan data maka hanya 21 bank yang menjadi sampel dengan periode pengamatan 2013 – 2015. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Variabel independen adalah kinerja perusahaan diukur dengan return on equity, Corporate Social Responsibility diukur menggunakan corporate social responsibility indeks) dan good corporate governance diukur dengan kepemilikan institusional sedangkan variabel dependennya nilai perusahaan diukur dengan tobin’s q.             Analisis data yang digunakan terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan (ROE) dan corporate social responsibility (CSRI) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan good corporate governance (Kepemilikan institusional) tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa variabel independen yakni kinerja keuangan, corporate social responsibility dan good corporate governance secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

beningjournal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal BENING mempublikasikan artikel ilmih hasil penelitian yang belum dipublikasi dimanapun dan focus pada bidang ilmu Manajemen dan bidang ilmu yang relevan seperti pemasaran, kepemimpinan, managemen keunagan dan bidang ilmu yang relevan lainnya. ...