Jurnal Tecnoscienza
Vol. 2 No. 2 (2018): TECNOSCIENZA

ANALISIS TINGKAT PENCAHAYAAN DI AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA – GRESIK

Rizkiyah Nur Putri (Akademi Komunitas Semen Indonesia Gresik)
M. Trifiananto (Akademi Komunitas Semen Indonesia Gresik)



Article Info

Publish Date
02 May 2018

Abstract

Pencahayaan merupakan salah satu faktor pendukung produktifitas bekerja baik untuk pekerja maupun mahasiswa. Oleh karenanya pencahayaan alami dengan cahaya matahari saja tidaklah cukup dalam mendukung tingkat pencahayaan. Kondisi penerangan yang kurang memenuhi ketentuan/standar maka akan mengakibatkan penyakit akibat kerja yakni kelelahan mata dan jangka panjangnya akan mengakibatkan mata minus bahkan penyakit mata lainnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesesuaian tingkat pencahayaan pada kampus AKSI-Gresik dengan membandingkan pada standar SNI yang berlaku dan memberikan rekomendasi atas kebutuhan lampu yang sesuai. Pengukuran dilakukan pada siang hari saat proses pembelajaran dan jam kerja aktif yakni pad ajam 10.00-14.00 WIB dan menghasilkan 8 dari 10 ruangan tidak sesuai dengan kebutuhan pencahayaan. Hal tersebut dikarenakan jumlah lampu yang ada pada ruangan-ruangan tersebut kurang hari 15 watt/m2. Sehingga keluhan pada mata banyak didapatkan pada populasi yakni 6 % pada populasi kelas dan 78% populasi ruang kerja yang terdiri dari ruangan BAAK, ruang dosen, ruang kaprodi dan ruang direktur. Sehingga berdasarkan analisa yang telah diberikan tersebut diperlukan penggantian dan penambahan kebutuhan lampu. Rekomendasi perbaikan adalah mengganti dengan lampu 46 watt FL. Kata kunci: tingkat pencahayaan, produktifitas, standar SNI

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

TECNOSCIENZA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics Other

Description

TECNOSCIENZA is an academic journal on the issued related to engineering, earth science, and technology. Published actually in April and October. It is open to all scientist, researchers, education practitioners, and other scholar. Therefore this journal welcomes to various topics that have recieved ...