Jurnal Riset Akuntansi Politala
Vol 1 No 1 (2018)

UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT

Hamidah, Hamidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan perpustakaan di Politeknik Negeri Tanah Laut dan untuk menentukan upaya yang tepat dalam meningkatkan kualitas pelayananperpustakaan di Politeknik Negeri Tanah Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahLibQual+? yaitu suatu metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indi kator pengukuran yaitu Affect of service (Sikap dan kemampuan petugas dalam melayanipemustaka), Information Control (Ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place(Perpustakaan sebagai sebuah tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kualitas layanan di Perpustakaan PoliteknikNegeri Tanah Laut masih dalam batas zona toleransi atau dinyatakan baik Hal ini dibuktikan bahwa nilai rata-rata harapan minimum yaitu 4,53 dan nilai rata-rata persepsi adalah 5,33, sedangkan nilai rata-rata harapan yang diinginkan (desired) yaitu 6,18. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata persepsi lebih tinggi dariharapan minimum, sehingga diperoleh nilai kesenjangan AG (Adequacy Gap) positif yaitu 0,79 dan nilai SG (Superiority Gap) sebesar ? 0,85.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Akuntansi merupakan media yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang akuntansi yang meliputi riset akuntansi, studi ekonomi, manajemen, bisnis, dan keuangan. Jurnal Riset Akuntansi terbit secara ...