Kemandirian belajar (self-directed learning) adalah salah satu faktor yang paling mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kemandirian belajar (self-directed learning) merupakan kemampuan untuk mengatur dan mengelola belajarnya sendiri. Pengelolaan belajar yang didasarkan pada inisiatif sendiri memungkinkan siswa untuk belajar sesuai minat dan kemampuannya tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Pengelolaan belajar yang baik akan berdampak signifikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menguji strategi individual learning plans sebagai media untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Individual learning plans dipilih karena metode perencanaan belajar ini memiliki keunggulan-keunggulan, seperti self instructional, stand alone, self contained, adaptive dan use friendly. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi individual learning plans mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP secara signifikan. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan strategi ini terutama pada subjek dengan karakteristik yang berbeda.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018