Penelitian ini berfokus pada pengembangan niat penggunaan komputer secara diskontinu, yaitu niat perilaku dalam fase pengakhiran, dalam konteks pelajaran rekayasa perangkat lunak, dimana Institusi pendidikan AMIK Indonesia menggunakan kurikulum dengan praktik lebih banyak daripada pembelajaran materi dan ini menunjukkan peran yang sangat penting, diharapkan penelitian ini juga menambah wawasan dan pengetahuan peneliti dan dosen praktikum komputer untuk mengontrol perilaku mahasiswa dalam penyerapan materi agar kompetensi selaras dengan tujuan pembelajaran praktikum sehingga menghasilkan lulusan yang bermutu. Penelitian ini dilakukan di AMIK Indonesia Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif pada Perguruan Tinggi tersebut. Dengan teknik purposive sampling dengan melibatkan 60 responden melalui metode survei, dan data dianalisis dengan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif dan negatif yang ditimbulkan pembelajaran praktikum komputer terhadap perilaku mahasiswa di AMIK Indonesia. Secara praktis, penelitian ini berguna dalam mengembangkan desain tata kelola pembelajaran praktikum komputer yang menjadi dasar materi di institusi yang banyak melibatkan praktikum dan penggunaan komputer. Peningkatan kurikulum pembelajaran praktikum komputer khususnya diharapkan akan memiliki dampak besar pada kualitas mahasiswa tersebut tetapi penguatan materi dan pengurangan tugas dengan melibatkan kasus di lapangan akan membuat mahasiswa akan paham dan mudah mempelajari materi praktikum itu sendiri.Kata Kunci:Analisis, Dampak, Technostress, Pembelajaran, Praktikum.
Copyrights © 2019