Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti tentang Pengaruh KecerdasanEmosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Data ini diperoleh dari responden yangterdiri dari para mahasiswa akuntansi Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai sampelyang diambil dengan cara purposive sampling. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 35kuesioner, dari 35 kuesioner yang telah disebarkan terdapat 30 kuesioner yang kembali dandapat diolah. Pengolahan data menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, uji regresi linear, dan hipotesis melalui program SPSS v.21 for windows. Hasil analisismenunjukkan bahwa kecerdasan emosional berupa pengenalan diri, pengendalian diri,motivasi, empati, dan keterampilan sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikanterhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa.Kata kunci: Kecerdasan emosional (EQ), pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi,empati
Copyrights © 2015