Prima Ekonomika : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 5 No. 1 (2014): Prima Ekonomika

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS UMBULHARJO II YOGYAKARTA

kadari, kadari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis pengaruh kualitas pelayananterhadap kepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo II Kota Yogyakarta. Dalampenelitian ini sampel yang diambil adalah 30 responden yang terdiri dari semuapasien di Puskesmas Umbulharjo II yogyakarta. Tehnik pengambilan sampel yaitudengan menggunakan tehnik Nonprobabillity Sampling dengan metode icindentalSampling Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yangdibagikan langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan model regresilinier sederhana.Hasil penelitian menunjukan Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadapkepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo II Yogyakarta. Hal ini ditunjukan uji tyang di peroleh sebesar 0,00 lebih kecil dari hasil signifikan yang besarnya 0,05. Jadikesimpulan uji t mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan.Dari uji koefesien determinasi menunjukan bahwa R Square besar 0,629 atau 62,9%.Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasiensebesar 62,9 %, sedangkan sisanya sebesar 37,1 atau 37,1% dipengaruhi oleh variabellain yang tidak di masukan dalam model penelitian ini.

Copyrights © 2014