Prima Ekonomika : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 9 No. 1 (2018): Prima Ekonomika

PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN GCG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Ariani, Rida (Unknown)
Sitawati, Riana (Unknown)
Sam’ani, Sam’ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR dan keterbukaan GCGterhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Respondenpenelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2012 - 2015.Sampel penelitian dari 148 perusahaan pertambangan, sampel diambil berdasarkan tekniksensus. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data untuk mengujihipotesis menggunakan regresi berganda dengan program SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR Disclosure memiliki pengaruh positif yangsignifikan terhadap nilai perusahaan, GCG memiliki pengaruh negatif yang signifikanterhadap nilai perusahaan. Demikian pula, dengan menambahkan profitabilitas sebagaivariabel moderasi, pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan,sementara GCG tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2018