Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi primadona bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Puskesmas pada suatu kedaan dan waktu tertentu dapat dikunjungi oleh pasien yang datang secara massal dalam waktu bersamaan, menyebabkan aktivitas pelayanan kesehatan menjadi terhambat, terganggu dan kurang optimal. Akibatnya pasien tidak mendapatkan pelayanan secara menyeluruh, bahkan ada pasien yang menunggu terlalu lama dalam antrian. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu dilakukan simulasi untuk memprediksi jumlah kunjungan mungkin terjadi dimasa mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Monte Carlo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada pihak Puskesmas tentang prediksi jumlah kunjungan pasien yang kemunkinan terjadi dimasa akan datang. Data yang digunakan adalah data jumlah kunjungan pasien tahun 2016, 2017 dan 2018 pada Pusekesmas Air haji. Hasil dari penelitian ini adalah prediksi jumlah kunjungan pasien masa akan datang dengan tingkat akurasi rata-rata 91% dan 71 %. Sehingga, informasi ini bisa menjadi rujukan bagi pihak Puskesmas mengambil tindakan dan kebijakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan.
Copyrights © 2019