Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2019): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2019 - November 2019

KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UHN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SEKOLAH SETINGKAT SMP DAN SMA

Hutauruk A JB (Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen)
Situmorang Adi (Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang mendeskripsikan kemampuan matematis mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN dalam menyelesaikan soal matematika sekolah setingkat SMP dan SMA. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa prodi pendidikan matematia FKIP yang diwakili oleh satu grup untuk setiap angkatan, dengan total sampel sebanyak 76 orang mahasiswa yang mengerjakan soal setingkat SMP dan 76 orang mahasiswa yang mengerjakan soal setingkat SMA.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN dalam menyelesaikan soal matematika sekolah setingkat SMP dan SMA masih sangat rendah, (2) skor maksimal yang diperoleh mahasiswa dalam mengerjakan soal matematika sekolah masih belum cukup memuaskan, sedangkan skor minimal yang diperoleh mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa masih belum menguasai matematika sekolah, dan (3) mayoritas mahasiwa masih memiliki kemampuan yang berada di bawah skor 50 dari skor maksimal 100. Ketidakmampuan mahasiswa menyelesaikan soal matematika sekolah merupakan gambaran ketidakmampuan mahasiswa dalam menguasai materi matematika sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...