Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2019): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2019 - November 2019

PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IX-6 SMP12 TARAKAN

Darmayasa Jero (Universitas Borneo Tarakan)
Pangaribuan Yopani (Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 12 Tarakan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Fokus pada penelitian ini adalah kemampuan siswa untuk mengajukkan masalah (soal) matematika dalam proses belajar mengajar matematika. Unit analisis dari penelitian ini adalah siswa kelas IX-6 SMP N 12 Tarakan yang sedang belajar matematika. Subjek penelitian yaitu 4 siswa yang dianggap mampu dan memiliki ketertarikan terhadap pelajaran matematika. Setelah dilakukan pengamatan berperanserta, wawancara tidak terstruktur, dan analisis dokumentasi diperoleh temuan bahwa keempat siswa belum terbiasa mengajukkan (membuat) soal matematika sendiri. Mereka masih bergantung pada soal yang ada pada buku paket atau soal yang ditulis oleh guru matematika di papan tulis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...