JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 2 No. 2 (2018): JATI Vol. 2 No. 2

PENGEMBANGAN GAME “THE LAST SAMURAI” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN FUZZY LOGIC MAMDANI

Lieanto Lie, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Salah satu jenis game yang digemari oleh masyarakat saat ini adalah game ber-genre Adventure, jenisgame ini memiliki alur cerita dalam permainannya. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatanpermainan ini adalah Adobe Illustrator CS6, beserta Unity 3D v5.3.2 sebagai perancangan dari game yangdibuat. Unity 3D dapat digunakan untuk membuat atau mengembangkan sebuah game dan nantinya dapatdijalankan pada perangkat komputer, ponsel pintar, ataupun console. Sedangkan Adobe Illustrator CS6merupkan perangkat lunak yang dipergunakan untuk membuat animasi 3D. Dengan Adobe Illustrator CS6,permainan yang dibuat dapat dilengkapi dengan beberapa macam visual karakter 3D, audio, interaktif animasi,dan lain-lain. Kebutuhan sistem yang diperlukan untuk menjalankan permainan ini adalah sistem operasiWindows 10, Adobe Illustrator CS6 yang sudah terpasang pada laptop/komputer pengguna.Game ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan dengan mendesain finite state machine pada musuh biasa,sedangkan untuk bos menggunakan fuzzy logic mamdani. NPC bertugas untuk “patrol”, “mendekat”,“memukul” dan “menembak” dari pemain. Perancangan gerak NPC menggunakan Finite State Machine danlogika Fuzzy Mamdani digunakan untuk menentukan respon NPC terhadap kondisi tertentu. Denganmembandingkan perhitungan manual dan perilaku yang dihasilkan pada game, dan menggunakan nilai masukanvariable healthpoint musuh dan jarak NPC terhadap pemain yang bervariatif menunjukan hasil yang sama atauberjalan sesuai rancangan.Dari pengujian yang telah dilakukan, hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada gameadventure “The Last Samurai” ini. Karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaanplayer untuk menentukan aksi dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian, presentaseyang dicapai yakitu 100 % berhasil.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...