JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 2 No. 2 (2018): JATI Vol. 2 No. 2

GAME PERTUALANGAN “SHERIFF VILLAGE ” DENGAN METODE FINATE STATE MACHINE

Alija Guntara, Fijar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metode perancangan sistem kontrol yang menggambarkantingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian)dan action (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyakditerapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batasperpindahan yang pasti dan sangat mudah diterapkan pada game Adventure “Sheriff Village”. Game inimerupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dan menggunakangrafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp).Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game dengan menerapkan metode finite state machine untukmenentukan respon karakter non-player character yang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan olehpemain.Dalam game ini menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite StateMachine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) atau karakter musuh,yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakterEnemy dan Boss yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi.Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure“Sheriff Village” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksiserangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian persentase yang di capai yaitu 100 % berhasil.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...