JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 2 No. 2 (2018): JATI Vol. 2 No. 2

GAME CINTA BUDAYA SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL DAN PAKAIAN DAERAH BERBASIS ANDROID

Davy Busthomi, Kahfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang menjadi salah satu negara yang terkena dampak dari globalisasi. Globalisasidapat memberi pengaruh yang positif dan negatif terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Budaya merupakan salah satuaspek yang terkena dampak negatif dari globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kalangan muda yang lebihmenyukai budaya-budaya asing.Untuk membuat budaya Indonesia menarik kepada kalangan muda, dibuat sebuah game berbasis android yangbertemakan kebudayaan Indonesia dengan genre Endless Runner. Tujuan dari game ini adalah mengenalkan lima senjatatradisional dan lima pakaian daerah Indonesia. Game ini penulis khususkan kepada siswa kelas 3 SD/MI karena sudahadanya kurikulum tematik 2013 yang mewajibkan siswa kelas 3 SD/MI menghafal setidaknya lima senjata tradisional danlima pakaian daerah Indonesia. Adapun metode Procedural Content Generation (PCG) yang penulis pakai sebagaipendukung dari sistem yang akan dibuat. PCG sendiri berfungsi untuk memuat konten yang ada agar dapat ditampilkansecara otomatis seiring dengan berjalannya game.Dari paparan diatas, penulis berharap agar game ”Cinta Budaya” ini dapat membantu siswa kelas 3 SD/MImenghafal 5 senjata tradisional dan 5 pakaian daerah yang ada dalam game ini atau bahkan menumbuhkan rasa cinta kaulamuda terhadap budaya Indonesia. Karena keterbatasan waktu yang dimiliki, penulis hanya bisa menampilkan 5 senjatatradisional dan 5 pakaian daerah. Oleh karena itu, saran kedepannya agar bisa memperbanyak lagi budaya yangditampilkan pada game ini agar wawasan yang diberikan dapat lebih luas lagi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...