Game adalah salah satu permainan yang sangat digemari oleh semua kalangan, baik dari anak-anak hinggaorang dewasa. Salah satu game yang paling populer adalah permainan petualangan. Permainan ini biasanyaberupa perjalanan yang menuntut kewaspadaan untuk menyelesaikan. Di dalam game yang bergenre adventurememiliki alur cerita. Maka dari itu penulis tertarik membuat Game Adventure “The Guardian”untukmemberikan hiburan kepada pemain. Di dalam permainan game tentunya ada konflik yang terjadi antara playerdengan enemy yang menuntut kewaspadaan dan ketenangan dalam menyelesaikan suatu permainan game yangbergenre adventure.Metode yang diterapkan dalam pembuatan game adventure The Guardian ini menggunakan metode FSMatau Finite State Machine. Dimana metode tersebut bagian dari metode kecerdasan buatan atau artificialintelligence untuk pengambilan keputusan karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yangdigerakan oleh kecerdasan buatan tanpa melibatkan control dari pemain yang digunakan di dalam game tersebut.Pada pengujian Game dapat berjalan pada platform Microsoft Windows dimulai dari Windows 7,Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Pada pengujian implementasi metode Finite State Machine danfungsi game yang dilakukan langsung di software Unity3D dapat berjalan sesuai yang diharapkan oleh penulis.Dan pada pengujian game yang dilakukan terhadap 15 user didapatkan hasil rata-rata dari 6 aspek yangditanyakan menjawab 55.56% baik, 40% cukup, dan 4.44% kurang. Berdasarkan hasil tersebut dapatdisimpulkan bahwa mayoritas menilai game ini baik
Copyrights © 2018