JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 2 No. 2 (2018): JATI Vol. 2 No. 2

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE THE GUARDIAN

Huda, Miftakhul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Game adalah salah satu permainan yang sangat digemari oleh semua kalangan, baik dari anak-anak hinggaorang dewasa. Salah satu game yang paling populer adalah permainan petualangan. Permainan ini biasanyaberupa perjalanan yang menuntut kewaspadaan untuk menyelesaikan. Di dalam game yang bergenre adventurememiliki alur cerita. Maka dari itu penulis tertarik membuat Game Adventure “The Guardian”untukmemberikan hiburan kepada pemain. Di dalam permainan game tentunya ada konflik yang terjadi antara playerdengan enemy yang menuntut kewaspadaan dan ketenangan dalam menyelesaikan suatu permainan game yangbergenre adventure.Metode yang diterapkan dalam pembuatan game adventure The Guardian ini menggunakan metode FSMatau Finite State Machine. Dimana metode tersebut bagian dari metode kecerdasan buatan atau artificialintelligence untuk pengambilan keputusan karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yangdigerakan oleh kecerdasan buatan tanpa melibatkan control dari pemain yang digunakan di dalam game tersebut.Pada pengujian Game dapat berjalan pada platform Microsoft Windows dimulai dari Windows 7,Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Pada pengujian implementasi metode Finite State Machine danfungsi game yang dilakukan langsung di software Unity3D dapat berjalan sesuai yang diharapkan oleh penulis.Dan pada pengujian game yang dilakukan terhadap 15 user didapatkan hasil rata-rata dari 6 aspek yangditanyakan menjawab 55.56% baik, 40% cukup, dan 4.44% kurang. Berdasarkan hasil tersebut dapatdisimpulkan bahwa mayoritas menilai game ini baik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...