JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 2 No. 2 (2018): JATI Vol. 2 No. 2

PEMBUATAN GAME ADVENTURE “THE PASTRY WORLD” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

Fakumala Devi, Wulandari Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Game merupakan salah satu produk dari teknologi informasi yang cukup digemari saat ini, game jugamerupakan bentuk aplikasi interaktif yang dapat bersifat menghibur maupun memberi efek tantangan terhadappenggunanya. Game Adventure (Game Petualangan) merupakan permainan yang menekankan pada jalan ceritadan kemampuan berfikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupunmenyimpulkan peristiwa. Selain sebagai media hiburan, game juga bisa dijadikan media pembelajaran untukmeningkatkan pengetahuan.Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game bertema petualangan “The Pastry World”, dimanagame ini terdapat beberapa misi dan tujuan utama untuk mengenalkan pastry dengan cara melalui mengalahkanbos level. Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yangmenggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan hal berikut : State (Keadaan),Event (Kejadian) dan Action (Aksi), sebagai sebuah metodologi perancangan pergerakan Non PlayableCharacter (NPC). Metode Finite State Machine dapat diterapkan pada nilai-nilai batas perpindahan yang pastidan mudah diterapkan seperti pada Enemy dan Boss pada game adventure “The Pastry World”.Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan menggunakan kecerdasan buatan Finite StateMachine yang diterapkan pada Non Playable Character (NPC), dimana Non Playable Character dapatmendeteksi keberadaan player dan aksi yang akan dilakukan ketika player terdeteksi. Pada pengujianimplementasi metode FSM dilakukan langsung pada Software Unity didapatkan hasil yang sesuai. Padapengujian fungsionalitas dari 27 aspek didapat semua berjalan dengan baik. Dan pada pengujian yang dilakukanterhadap 10 responden didapatkan hasil rata-rata dari 6 aspek yang ditanyakan mayoritas responden menjawabbaik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...