Game merupakan produk dari teknologi informasi dan digital yang cukup diminati oleh semua kalangan,game terbagi dalam bentuk 2D dan 3D. Tujuan dibuatnya game adalah sebagai media hiburan, seiringperkembangan teknologi game dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau edukasi. Game Real-timestrategy merupakan genre game yang memadukan strategi pertempuran dan pengumpulan sumber daya, gamedengan genre ini cenderung menekankan kemampuan berfikir pemain dalam mengambil keputusan danmenganalisa situasi yang ada pada game.Game War of Astraghoul pada penelitian ini adalah game dengan genre real-time strategy, dirancangmenggunakan Unity Engine 2017 dan menggunakan metode finite state machine (FSM) sebagai ArtificialInteligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diterapkan pada karakter player dan enemy. Finite state machineadalah metodologi perancangan perilaku sistem yang didasari oleh tiga hal : state (keadaan), event (kejadian),dan action (aksi). Metode finite state machine diterapkan untuk decision making atau pengambilan keputusanpada Non-playable character pada player dan enemy.Berdasarkan pengujian perilaku AI pada Non-playable character (NPC) dapat berjalan dengan baikberdasarkan perpindahan setiap kondisi seperti walk (berjalan), attack (serangan normal), special attack(serangan spesial) dan die (mati) yang dipengaruhi oleh jarak, darah, serangan dan jumlah serangan pada Non-playable character, dimana Non-playable character dapat mendeteksi keberadaan player atau enemy.
Copyrights © 2019