JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 3 No. 1 (2019): JATI Vol. 3 No. 1

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE “TRAPPED MINERS”

Firdaus, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2019

Abstract

Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkantingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian)dan action (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyakditerapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batasperpindahan yang pasti dan sangat cocok diterapkan pada game Adventure “Trapped Miners”. Game inimerupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dan menggunakangrafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp).Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game dengan menerapkan metode finite state machine untukmenentukan respon karakter non-player character yang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan olehpemain.Dalam game ini menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite StateMachine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yangdigerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Bossyang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi.Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure“Trapped Miners” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukanaksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian persentase yang di capai yaitu 100%berhasil.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...