JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 1 No. 1 (2017): JATI Vol. 1 No. 1

PENGEMBANGAN GAME HOROR 3 DIMENSI SUANGGI MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

Prakoso Waas, Bondan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Dari tahun ke tahun perkembangan game sudah mulai pesa. Di tahun 2016 game kini telah banyak menggunakan teknologi virtual reality dan augmanted reality. Dengan adanya teknologi tersebut peminat game mulai bertambah banyak bukan hanya pada anak-anak saja yang bermain melainkan orang dewasa dan orang tua mulai bermain game juga.AI (Artificial Intelligence) sering digunakan dalam sebuah game untuk menentukan tingkah laku NPC (Non Player Charakter). AI juga menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic. Kecerdasan adalah kemampuan mempe;ajari lingkungan. FSM (Finite State Machine) adalah salah satu AI yang merupakan metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal yaitu State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi).Hasil dari pengujian berdasarkan pengujian fungsional metode FSM (Finite State Machine) dapat diterapkan pada game 3 dimensi bergenre FPS (First Person Shooter), adventure dan horo dengan indikasi musuh dapat berinteraksi terhadap player dalam kondisi tertentu. Hasilnya respon musuh didalam game Suanggi, berjalan sesuai dengan rancangan kecerdasan buatan yang telah ditentukan. Game Suanggi hanya dapat berjalan pada platform desktop.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...