Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Apakah ada pengaruh media pembelajaran terhadap pengetahuan tentang pemasangan AKDR, 2). Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap pengetahuan tentang pemasangan AKDR, dan 3). Apakah ada interaksi pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap pengetahuan tentang pemasangan AKDR Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasy experimental design) Control Group Posttest Only Design. dilaksanakan di AKBID Bunga Kalimantan Banjarmasin. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester II AKBID Bunga Kalimantan Banjarmasin. Teknik sampel penelitian yang digunakan purposive sampling, yang berjumlah 60 mahasiswa. Selanjutnya sejumlah sampel tersebut dibagi dalam tiga kelompok yaitu 20 mahasiswa diberi perlakuan dengan media Video, 20 mahasiswa diberi perlakuan dengan media Leaflet dan 20 mahasiswa diberi perlakuan dengan media model sebagai kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas variansi dengan menggunakan uji F, dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%, dilanjutkan dengan uji Schefee. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap pengetahuan tentang pemasangan AKDR dengan hasil F = 189,186 (sig=0.00 < 0.05 ) sehingga hipotesis yang dikemukakan terbukti kebenarannya, (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap pengetahuan tentang pemasangan AKDR dengan hasil F = 7,197 (sig=0.09 < 0.05 ) sehingga hipotesis yang dikemukakan terbukti kebenarannya, (3). Tidak terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap pengetahuan tentang pemasangan AKDR dengan hasil F = 0,424 (sig=0,656 > 0.05) sehingga hipotesis yang dikemukakan tidak terbukti kebenarannya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018