Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 11 No 1 (2019): Journal Pendidikan IPS Vol, 11 Nomor 1, Juni 2019

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA LINGKUNGAN MATERI MEMAHAMI PERISTIWA PENTING DALAM KELUARGA SECARA KRONOLOGIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA GAMBAR KELAS II SDN 1 TELUK PALINGET TAHUN PELAJARAN 2016/2017

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Penelitian menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkathasil belajar IPA dengan model Pembelajaran inkuiri menggunakan pada tema DiriLingkungan pada kelas II SD Negeri 1 Teluk Palinget Kecamatan Pulau Petak.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II (dua) Sekolah DasarNegeri 1 Teluk Palinget Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 21 orangpeserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajarindividu dan secara klasikal.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada Peningkatan Aktivitas Pembelajaran padapembelajaran awal sebelum tindakan adalah 52%, dengan dilakukannya tindakan pembelajaranmodel pembelajaran Menggunakan metode Role Palying pada siklus I meningkat menjadi67%, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pemBelajaran memenuhi standarketuntasan efektifitas belajar mencapai 100%.Ada Peningkatan hasil pembelajaran data awaldiperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 69,33 atau 52% pra tindakan pembelajaran, setelahdilaksanaan pembelajaran dengan metode Menggunakan metode Role Palying meningkatmenjadi 71,62 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II rata-rata nilaimeningkat menjadi 75,48 dengan ketuntasan 100%.

Copyrights © 2019