Penelitian menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkathasil belajar IPA dengan model Pembelajaran inkuiri menggunakan pada tema DiriLingkungan pada kelas II SD Negeri 1 Teluk Palinget Kecamatan Pulau Petak.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II (dua) Sekolah DasarNegeri 1 Teluk Palinget Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 21 orangpeserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajarindividu dan secara klasikal.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada Peningkatan Aktivitas Pembelajaran padapembelajaran awal sebelum tindakan adalah 52%, dengan dilakukannya tindakan pembelajaranmodel pembelajaran Menggunakan metode Role Palying pada siklus I meningkat menjadi67%, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pemBelajaran memenuhi standarketuntasan efektifitas belajar mencapai 100%.Ada Peningkatan hasil pembelajaran data awaldiperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 69,33 atau 52% pra tindakan pembelajaran, setelahdilaksanaan pembelajaran dengan metode Menggunakan metode Role Palying meningkatmenjadi 71,62 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II rata-rata nilaimeningkat menjadi 75,48 dengan ketuntasan 100%.
Copyrights © 2019