ABSTRAKKata Kunci: Prestasi Kerja, Pembinaan Kepala SekolahSeorang kepala sekolah dalam organisasi sangat dibutuhkan dalam membawapada tujuan organisasi yang telah ditetapkan, fungsinya sebagai penanggung jawabsekolah. Pembinaan prestasi kerja guru merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilanlembaga pendidikan. oleh karena itu peran kepala sekolah sangat penting untuk membantuguru agar lebih profesional dalam bekerja. Akan tetapi dalam pelaksanaan pembinaan prestasikerja guru masih belum terlihat adanya guru yang berprestasi, guru teladan, kurangnyakedisiliplinan guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga pengajaratau pendidik sehingga belum adanya diperoleh guru yang berprestasi. Hal tersebutkemungkinan juga dipengaruhi oleh kurangnya segi pengawasan, pengelolaan kerja kepalasekolah kurang maksimal dalam menjalankan perannya, masih kurangnya pelaksanaanpengawasan terhadap kerja guru, pembagian tugas guru, dan pengembanggan kualitas kerjaguru.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah, strategi kepalasekolah dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaanprestasi kerja guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan empat orang guru. Datadikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisisyang digunakan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam pembinaan prestasi kerja guru dilaksanakandengan menyesuaikan kondisi maupun keadaan guru agar pretasi kerja dapat tercapai, strategiyang dilaksanakan kepala sekolah dengan memberikan motivasi, pengembangan kreatifitas,mempercepat karir guru dan meningkatkan kesejahteraan guru yang belum terlaksanadengan maksimal karena dipengaruhi oleh pendapatan sekolah yang masih minin, faktorekonomi sosial dan budaya.Faktor penghambat prestasi kerja guru: kurangnya fasilitas yang memadai, gurukurang mendukung dalam kegiatan pembinaan prestasi kerja guru, kurangnya tenaga ahlidalam pembinaan prestasi kerja guru. Faktor pendukung prestasi kerja guru: kepala sekolahsenantiasa memberi arahan maupun dorongan terhadap guru yang memiliki kinerja terbaikdan guru biasa saja, sebagian guru sangat mendukung program pembinaan prestasi yangdirencanakan oleh guru dan kepala sekolah, guru antusias dalam mengikuti pembinaanprestasi kerja guru guna pengembagan kopetensi, pengalaman dan pengetahuan.
Copyrights © 2019