Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018

EFEKTIFITAS PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN MUTU KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SELAT HILIR KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

ABSTRAKKata kunci: Kedisiplinan mengajar, Kompetensi guruDalam suatu proses pembelajaran, terjadi proses interaksi antara guru dan siswa. Disinilah sangat diperlukan kedisiplinan baik oleh guru maupun siswa. Terciptanya situasiyang disiplin dapat menimbulkan jalannya pelajaran, yang berpengaruh terhadappencapaian tujuan. Demikian pula bagi guru disiplin mengajar harus ditingkatkan agarsecara efektif dapat dicapai suatu etos kerja yang semaksimal mungkin dalam rangkameningkatkan mutu pengajaran di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa dalam suatukehidupan, orang-orang yang berhasil dalam hidupnya kebanyakan dilandasi olehdisiplin diri yang sangat tinggi. Dalam usaha apapun juga, keterangan dan disiplin akantetap merupakan kunci untuk memperoleh hasil yang baik, The Liang Gie (1985:60).Sedangkan menurut Nasin Ibnu Suwandi daan Anno D. Sanjari (1997:12) sebagai berikut: ?Disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yangmengharuskan orang tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku?.Berdasarkan uraian di atas dapat dikatakan, bahwa kedisiplinan mengajar di kelas akansangat besar pengaruhnya bagi kompetensi dan kapabilitas serta aseptabilitas bagikinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada tidaknya hubunganantara kedisiplinan mengajar di kelas dengan peningkatan mutu kompetensi diri bagipara guru di Sekolah Dasar Negeri 3 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas.Manfaat penelitian bagi Guru adalah Untuk memberi gambaran bahwa arti disiplinmengajar di kelas itu perlu dan sangat penting bagi usaha keberhasilan mengajar yangbermuara pada peningkatan hasil prestasi belajar siswa. Dan manfaat bagi penulis sebagaitindakan supervisi terhadap kinerja guru, dimana aspek disiplin mengajar perlupembinaan tersendiri dan bagian tugas pokok supervisi kependidikan, agar pelaksanaanproses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.Penerapan inspeksi dan kunjungan dinas oleh pengawas Pembina SD sangatlahmembantu para guru di Sekolah Dasar untuk lebih meningkatkan kualitas diri danmanajemen kinerja diri dari rasa kedisiplinan yang terimplementasikan ke dalam prosesbelajar mengajar di kelas.

Copyrights © 2018