Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 4 KAPUAS BARAT SATU ATAP SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

ABSTRAKKata Kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bimbingan BerkelanjutanPenelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Kemampuan Guru Dalam MenyusunRencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan penelitian initergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan enam orang guru mata pelajarandiantaranya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Bahasa Indonesia, PendidikanKewarganegaraan, IPA, IPS, dan Penjaskes.Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP Negeri4 Kapuas Barat Satu Atap semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaantindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1)perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksiDari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan darisiklus I sampai siklus II yaitu sebesar 17 %( siklus I (75%), siklus II (92%). Kesimpulandari penelitian ini adalah dengan bimbingan berkelanjutan dapat berpengaruh positifterhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran SMPNegeri 4 Kapuas Barat Satu Atap digunakan sebagai salah satu alternatif membantu gurudalam menuysun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Copyrights © 2018