Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018

PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR DENGAN PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IX B SMP SWASTA MUHAMMADIYAH KUALA KAPUAS SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

ABSTRAKKata Kunci: belajar IPS, pembelajaran terstruktur, pemberian tugasSetiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangkamelaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudahterkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahanpelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harusmemahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metodemengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan danmenggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentangalat-alat evaluasi.Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP SwastaMuhammadiyah Kuala Kapuas kelas IX B semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedurpelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1)perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksiDari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan prestasi belajar siswa mengalamipeningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (65%), siklus II (85%), Kesimpulandari penelitian ini adalah metode pembelajaran terstruktrur dengan pemberian tugas dapatberpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Muhammadiyah KualaKapuas, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatifpembelajaran IPS.P

Copyrights © 2018