Kata kunci: Kompetensi dan Kinerja Guru, Observasi Supervisi KependidikanTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam kompetensi guru danmengidentifikasikan faktor-faktor yang terabaikan dalam melaksanakan kegiatan belajarmengajar di SDN 6 Selat Hilir.Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakandalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat KabupatenKapuas Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian 6 (enam) orang guru.Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga)tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Setelah dilaksanakan tindakan penelitian dalam dua siklus, secara empiris diperolehdata bahwa Guru SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas yang memilikikompetensi tinggi dalam penyusunan Rencana Pembelajaran dan mempraktekkannyadengan baik akan mendapatkan hasil proses belajar mengajar yang baik. Dari kondisipada siklus I terhadap penilaian terhadap rencana pembelajaran yang baik yang disusunoleh guru dalam kategori cukup dengan rata-rata 76,67, dan memperhatikan hasil padasiklus II dalam menyusun dan mempraktekkan rencana pembelajaran yang baik adapeningkatan dengan kategori Baik dengan rata-rata 86,6. Jadi dapat disimpulkan bahwamelalui Observasi Supervisi Kependidikan maka kompetensi dan kinerja guru SDN 6Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas dapat ditingkatkan.
Copyrights © 2018