ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respons peserta didik dalam pembelajaranIPS menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, serta hasil belajar IPS peserta didik selamapembelajaran menggunakan model tipe jigsaw. Berdasarkan hasil observasi di kelas IX.2 SMPNegeri 3 Selat Kuala Kapuas pada pembelajaran IPS khususnya pada materi perilaku masyarakatdalam perubahan social budaya di era global belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Beberapapermasalahan yang terjadi di sekolah antara lain metode yang digunakan guru kurang tepat karenahanya menggunakan metode pembelajaran konvensional, yaitu pola pengajaran guru lebih dominandan dilaksanakan dengan cara ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Hal ini menyebabkankurangnya interaksi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik sehingga pada prosespembelajaran IPS peserta didik cenderung pasif yang kemudian berdampak pada rendahnya hasilbelajar peserta didik. Untuk itu perlu adanya variasi pembelajaran yang mampu melibatkan pesertadidik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, salah satunya dengan menerapkan modelpembelajaran tipe jigsaw.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada modelyang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: 1) Perencanaan; 2) pelaksanaantindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2Tahun Ajaran 20125/2016 yang berjumlah 25 orang. Materi pembelajaran IPS yang diberikan yaitumateri Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global. Data dalam penelitianini diperoleh dari hasil observasi dan tes yang dilakukan terhadap peserta didik kelas IX.2 SMPNegeri 3 Selat Kuala Kapuas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tipe jigsaw terbukti efektif hal iniditunjukkan dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari 38,4 menjadi 64,8 sedangkan persentaseketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 12%, menjadi 88%. Siswa juga memberikanrespons yang positif terhadap pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Umumnya sebagian besar siswamerasa senang dan berminat mengikuti pembelajaran IPS selanjutnya dengan menggunakanpembelajaran yang sama. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Penerapan ModelPembelajaran Tipe Jigsaw pada materi Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya di EraGlobal dapat meningkatkan hasil belajar siswa IX.2 SMPN-3 Selat Kuala Kapuas Tahun Ajaran2015/2016.
Copyrights © 2018