Tafhim Al-'Ilmi : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol. 7 No. 1 (2015): 10 Februari 2015

Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Lembaga Pendidikan Islam

Rohmat Rohmat (Pengawas pada Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2015

Abstract

AbstractSupervision focuses on the academic supervisor observation of the academic activity, in the form of learning both inside and outside the classroom. Managerial supervision focuses on observations on aspects of management and administration of the school that serves as a support (supporting) the implementation of learning. Supervisors are mediators educational duties as a supervisor at educational institutions have to perform tasks and functions. The key task of the supervisor are basically three; supervise, assess and develop. And in order to improve the competence of teachers, through the implementation of academic supervision, should adopt the model of empowerment paradigm desire, trust, confident, credibility, accountability and communication. AbstrakSupervisi akademis menitikberatkan pada pengamatan supervisor terhadap kegiatan akademis, berupa pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Supervisi manajerial menitikberatkan pada pengamatan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran. Pengawas adalah mediator pendidikan yang menjalankan tugas sebagai supervisor di lembaga pendidikan yang harus menjalankan tugas dan fungsinya. Tugas pokok pengawas pada dasarnya ada tiga; mengawasi, menilai, dan membina. Dan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, melalui implementasi supervisi akademik, hendaknya mengadopsi model pemberdayaan dengan paradigma desire, trust, confident, credibility, accountability dan communication.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tafhim

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Tafhim Al-‘ilmi merupakan jurnal ilmiah dengan terbitan berkala setiap enam bulan yang diterbitkan dengan menggunakan peer review. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil telaah pustaka dan penelitian yang telah dilakukan para akademisi dengan bidang kajian pendidikan dan pemikiran ...