Tafhim Al-'Ilmi : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol. 9 No. 1 (2017): 30 Agustus 2017

Quo Vadis Profesionalisme Guru dan Dosen

Ach. Khatib (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep)
Abdul Halim (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2017

Abstract

Artikel ini membahas tentang konsep dan orientasi peningkatan profesionalisme guru/dosen yang telah menjadi kebijakan pemerintah melalui UUGD. Peningkatan kualifikasi akademik dan kompetensi guru harus segera dipikirkan. Selama ini guru dan dosen memang menjadi problem utama lemahnya mutu pendidikan nasional. Program sertifikasi belum mampu menupang secara maksimal terhadap peningkatan komepensi guru. Karenanya, harus segera merubah wajah dan mencari formulasi baru tentang bentuk pelaksanaan diklat, hingga memberikan kebebasan akademik atau otonomi guru/dosen yang seluas-seluasnya tanpa dihadapkan pada situasi birokratis di lingkungan sekolah atau dinas terkait. Selain itu, pengembangan profesionalisme guru membutuhkan kebijakan pemerintah yang benar-benar menyentuh terhadap persoalan keguruan dan dosen. Kata kunci: Quo Vadis, Profesionalisme, Guru, Dosen

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tafhim

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Tafhim Al-‘ilmi merupakan jurnal ilmiah dengan terbitan berkala setiap enam bulan yang diterbitkan dengan menggunakan peer review. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil telaah pustaka dan penelitian yang telah dilakukan para akademisi dengan bidang kajian pendidikan dan pemikiran ...