Tafhim Al-'Ilmi : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol. 10 No. 1 (2018): 30 September 2018

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Musleh Wahid (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amin (IDIA) Sumenep)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Education is a systematic process in which each component has a very important meaning for the success ofeducation. This view of the educational process as a system then underlies the educational design (instructionaldesign) as a system. This paper seeks to find solutions to education levels. The gap in this paper must be basedon what must be formed in students, it is necessary to do a careful calculation by conducting mature experimentsto find new truth facts in order to review the level of education that has been guided. The principle and value ofIslamic education should return to the original source. Namely: Qur’an, Hadith, Ijtihad Ulama, Fuqaha andMujahidin. With this all, the world of education will not come out of the tracks and values that have been outlined.Key Word: Pendidikan, Sistem, Nilai AbstrakPendidikan merupakan suatu proses yang sistematis di mana setiap komponen memiliki arti yang sangat pentinguntuk keberhasilan pendidikan. Pandangan tentang proses pendidikan sebagai sistem inilah yang kemudianmendasari rancangan pendidikan (instructional design) sebagai sebuah sistem. Tulisan ini berusaha mencarisolusi terhadap penjenjangan pendidikan. Penjenjangan dalam tulisan ini haruslah didasarkan pada apa sajayang harus dibentukkan pada anak didik, perlu melakukan perhitungan secara seksana dengan melakukaneksperimen yang matang untuk menemukan fakta-fakta kebenaran baru dalam rangka meninjau kembalipenjenjangan tingkat pendidikan yang selama ini dipedomani. Seharusnya prinsip dan nilai pendidikan Islamkembali ke sumber aslinya. Yaitu: Qur’an, Hadis, Ijtihad Ulama, Fuqaha dan Mujahidin. Dengan hal ini semua,dunia pendidikan tidak akan keluar dari rel-rel dan nilai-nilai yang sudah digariskan.Kata Kunci: Pendidikan, Sistem, Nilai

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tafhim

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Tafhim Al-‘ilmi merupakan jurnal ilmiah dengan terbitan berkala setiap enam bulan yang diterbitkan dengan menggunakan peer review. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil telaah pustaka dan penelitian yang telah dilakukan para akademisi dengan bidang kajian pendidikan dan pemikiran ...