Tafhim Al-'Ilmi : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol. 11 No. 1 (2019): 17 September 2019

Pendidik Profesional: (Tinjauan Filosofis tentang Pendidik dalam Islam)

Hafid Hafid (STIT Al-Karimiyah Sumenep)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2019

Abstract

Waktu yang terus bergerak maju tidak pernah membuat kering setiapdiskusi sekitar Filsafat Pendidikan Islam. Banyak hal yang ditawarkan dalammateri tersebut, salah satunya yang menarik untuk dibahas adalah tentangpendidik. Bahasan ini akan dimulai dari pengertian pendidik, kedudukanpendidik, juga sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, misalnyaguru & dosen. Kenapa ini penting untuk didiskusikan? Karena guru mempunyaifungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan Nasionaldalam bidang pendidikan sehingga perlu dikembangkan sebagai profesi yangbermartabat, lebih khusus dalam pembelajaran kaitannya dengan transformasipengetahuan (transfer of knowledge) dan pembentukan karakter peserta didik. Secara umum, pendidik dikatakan profesional harus memiliki beberapakompetensi. Kompetensi pendidik merupakan seperangkat pengetahuan,keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dandiaktualisasikan oleh pendidik dalam melaksanakan tugas keprofesionalansebagai guru dan dosen. Di dalam dunia Islam, pendidik mendapatkan posisisebagai orang terhormat. Di hormat karena ilmu dan pengetahuan yang dimiliki.Dan seorang pendidik harus ada pengakuan (lesensi, ijazah) formal atau nonformal.Diceritakan, seorang ulama yang memberikan pengajaran terhadap putraraja, bayarannya disesuaikan dengan jumlah huruf yang diberikan dalam materiitu. Artinya, seorang pendidik juga mendapatkan hak dengan profesinya.Kata Kunci: Pendidik, Profesional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tafhim

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Tafhim Al-‘ilmi merupakan jurnal ilmiah dengan terbitan berkala setiap enam bulan yang diterbitkan dengan menggunakan peer review. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil telaah pustaka dan penelitian yang telah dilakukan para akademisi dengan bidang kajian pendidikan dan pemikiran ...