JURNAL PIONIR
Vol 6, No 1 (2020): Januari

HUBUNGAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DAN PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PAK

Julita Herawati (IAKN Tarutung)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Pengelolaan Kelas  Dan Pemberian Motivasi dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa SMP N 2 Siborongborong Tahun Ajaran 2018/2019. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini teruji pada hipotesis pertama 14rx1y">  = 0,640 dan 14thitung =4,406 "> hal ini menunjukan bahwa Hasil belajar siswa ditentukan oleh Keterampilan Pengelolaan Kelas karena 14thitung >ttabel">  = 4,406 14>">  2,048 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan, Hipotesis Kedua 14rx2y">  = 0,43 dan 14thitung =3,013 "> hal ini menunjukan bahwa Hasil belajar siswa ditentukan oleh Pemberian Motivasi karena 14thitung >ttabel">  = 3,013 14>">  2,042 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hipotesis Ketiga  14rx1x2"> y = 0,81 dan 14thitung =9,83 "> hal ini menunjukan bahwa Hasil belajar siswa ditentukan oleh Keterampilan Pengelolaan Kelas dan Pemberian Motivasi karena 14thitung >ttabel">  = 9,83 14>">  2,660 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Dari hasil analisis data disimpulkan 1) ada hubungan yang positif dan signifikan Keterampilan Pengelolaan Kelas dengan Hasil belajar Siswa, 2) ada hubungan yang positif dan signifikan Pemberian Motivasi dengan Hasil belajar siswa, 3) ada hubungan yang positif dan signifikan Keterampilan Pengelolaan Kelas   dan Pemberian Motivasi dengan Hasil belajar siswa, artinya jika akan meningkatkan Hasil belajar siswa maka Keterampilan Pengelolaan Kelas dan Pemberian Motivasi Belajar Siswa perlu di tingkatkan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar siswa.  ABSTRACT This study aims to determine the Relationship between Classroom Management Skills and Motivation and Learning Outcomes of Christian Religious Education Students of SMP N 2 Siborongborong in Academic Year 2018/2019. The three hypotheses in this study were tested in the first hypothesis  14rx1y">  = 0.640 and 14thitung =4,406 "> this shows that student learning outcomes are determined by Class Management Skills because 14thitung >ttabel"> = 4.406 14>">  2.048 so there is a positive and significant relationship, Second Hypothesis 14rx2y">  = 0.43 and 14thitung =3,013 "> this shows that student learning outcomes determined by Provision of Motivation because 14thitung >ttabel">  = 3.013 14>">  2.042 so there is a positive and significant relationship. Third Hypothesis  14rx1x2"> y = 0.81 and 14thitung =9,83 "> this shows that student learning outcomes are determined by Class Management Skills and Motivation because 14thitung >ttabel">  = 9.83 14>">  2.660 so there is a positive and significant relationship. From the results of data analysis, it was concluded 1) there is a positive and significant relationship between Classroom Management Skills and Student Learning Outcomes, 2) there is a positive and significant relationship Providing Motivation with student learning outcomes, 3) there is a positive and significant relationship between Classroom Management Skills and Motivation with Student learning outcomes, meaning that if it will improve student learning outcomes then Classroom Management Skills and Provision of Student Learning Motivation need to be improved. Keywords: Learning Outcomes, Class Management Skills, Student's motivation to study.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pionir

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Pionir merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi ilmiah dan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada praktisi dan pengamat ilmu pengetahuan. Jurnal Pionir mencakup berbagai bidang ...