JURNAL PIONIR
Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN FRONTLINER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK SUMUT CABANG PEMBANTU LIMA PULUH.

Rosnaida Rosnaida (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Nasabahpada PT Bank SUMUT Cabang Pembantu Lima Puluh. Faktor- Faktor tersebut yaitu Bukti Fisik, Empati,Daya Tanggap dan Kehandalan yang meningkat secara terus menerus akan memberikan dampak positifterhadap Perusahaan sehingga tujuan perusahaan tercapai. Analisis yang digunakan yaitu uji Validitas,Uji Reliabilitas, Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis dan uji Asumsi Klasik dengan bantuan KomputerProgram SPSS Versi 17.Secara Parsial (uji t), dapat disimpulkan bahwaVariabel Bukti Fisik (X1) berpengaruh positif dasignifikan terhadap Kepusan Nasabah. Nilai thitung sebesar 2,450 (lebih besar dari ttabel 1,98) dan nilaisignifikan 0,003 (lebih kecil dari 0,05). Variabel Empati (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadapKepuasan Nasabah. Nilai thitung sebesar 3,672 ( lebih besar dari ttabel 1,98) dan signifikan sebesar 0,004..Dengan menggunakan batas signifikan 0,05, maka nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05. VariabelDaya Tanggap (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Nilai thitung sebesar4,567 ( lebih besar dari ttabel 1,98) dan signifikan sebesar 0,003 .Dengan menggunakan batas signifikan0,05, maka nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05. Variabel Kehandalan (X4) berpengaruh positifdan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Nilai thitung sebesar 5,562 ( lebih besar dari ttabel 1,98) dansignifikan sebesar 0,002. Dengan menggunakan batas signifikan 0,05,maka nilai signifikan tersebut lebihkecil dari 0,05. Dengan demikian berarti bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa Vaiabel Bebasmemiliki pengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dapat diterima (Ha diterima).Dari Hasil penelitian diperoleh hasil estimasi persamaan regresi linear, Y = 7.621 + 0,241 X1 +0,444 X2 +0,424 X3+0,566 X4+e. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa Koefisien determinasi(adjusted R2) yang diperoleh sebesar 62,4% berarti 62,4% Tingkat Kepuasan Nasabah dipengaruhivariabel bebas dan sisanya diengaruhi oleh variabel yang tidak diajukan dalam penelitian ini.Kata Kunci: Bukti Fisik, Empati, Daya Tanggap, Kehandalan, Kepuasan Nasabah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pionir

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Pionir merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi ilmiah dan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada praktisi dan pengamat ilmu pengetahuan. Jurnal Pionir mencakup berbagai bidang ...