JURNAL PIONIR
Vol 5, No 3 (2019): Juli-Desember

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB SIBORONG-BORONG

Eltalina Tarigan (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran pada anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Siborong-Borong. Tunagrahita termasuk dalam golongan anak berkebutuhan khusus (Anak Berkebutuhan Khusus), yang disebut dengan anak yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata.  Dengan kata lain sering juga sebutan anak dengan hendaya atau penurunan kemampuan atau berkurangnya kemampuan dalam segi kekuatan, nilai, kualitas, dan kuantitas.Cara pendekatan terhadap anak tunagrahita adalah dengan menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap anak sekolah luar biasa yaitu anak berkebutuhan khusus. Pada saat mengajarkan pada anak dengan menerapkan metode pembealajarannya anak-anak tersebut dapat mengikutinya dengan serius, anak diminta untuk melakukan sesuai metode pembelajaran yang telah dipaparkan selama proses belajar berlangsung. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tunagrahita

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pionir

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Pionir merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi ilmiah dan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada praktisi dan pengamat ilmu pengetahuan. Jurnal Pionir mencakup berbagai bidang ...