PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2019): Edisi April 2019

PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

Desrani Indah Lia (Universitas Batanghari)
Relawati Relawati (Universitas Batanghari)
Zulyadaini Zulyadaini (Universitas Batanghari)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang melalui model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan sampel penelitian yang terambil adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis kemampuan penalaran matematis. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai thitung = 3,437 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata α sama dengan  0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel maka H1diterima. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata kemampuan penalaran matematis yang melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW)dengan siswa yang melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Kata kunci:Penalaran Matematis., Model Pembelajaran Think Talk Write., Model Pembelajaran Problem Based Learning

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...