Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2019)

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Genre

Heldita Sumbung (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Marufi Marufi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Salwah Salwah (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas dengan dua objek yaitu siswa lakilaki dan siswa perempuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII8 SMP Negeri 8 Palopo. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ui-t. Hasil penilitian ini menemukan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pepecahan masalah matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo setelah diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD), (2) tidak terdapat perbedaan peningkatan minat belajar matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan setelah diajarkan dengan model pembelajaran tipe Student Team Achivment Division (STAD).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...